9 Cara Atasi Gangguan Tidur Pada Bayi

www.tipsbidan.com: Bayi juga bisa menderita gangguan tidur. Bila buah hati Anda mengalami kondisi serupa tidak perlu khawatir, karena bisa ditangani dengan ketekunan dan kesabaran. Kebutuhan tidur bayi sangat tergantung dari usianya. Jika belum berusia 3 bulan, bayi setidaknya membutuhkan tidur selama 20 jam setiap harinya. Setelah masa itu dibutuhkan setidaknya 8 sampai 14 jam untuk tidur. Lalu bagaimana cara atasi gangguan tidur pada bayi?

Bayi mengalami gangguan tidur apabila dia seringkali bangun di setiap malam, memiliki jam tidur sama dengan orang tuanya, tidur terus di siang hari atau temperamennya sangat buruk dikarenakan kekurangan porsi tidur di malam hari. Jika berbagai tanda tersebut dijumpai pada buah hati Anda, segera memeriksakannya pada dokter guna memastikan apakah ada kelainan medis. Jika memang tidak ada kelainan medis berbagai upaya berikut ini bisa diterapkan untuk mengatasi gangguan tidur.

Menciptakan waktu tidur yang tepat


Sebaiknya Anda menidurkan buah hati di jam yang sama setiap malamnya. Sehingga bisa mengajarkan padanya untuk tidur secara rutin di jam tersebut. Cara ini bisa dimulai sejak bayi baru lahir.

Jangan membangunkan bayi


Saat orang datang menjenguk bayi Anda jangan biasakan untuk membangunkannya atau hanya sekedar untuk menimangnya. Karena kenyamanan bayi dalam tidur bisa terganggu.

Menidurkan bayi di ruangan tenang dan hangat


Jangan sampai bayi terbiasa tertidur di depan televisi, di ruang tamu dan di pangkuan Anda setiap malam.  Saat dia terbangun di tengah malam, dia akan kesulitan untuk tidur lagi karena menemukan suasana yang berbeda sebelum dia tertidur.

Ciptakan kesan buah hati tidak sendirian


Setelah bayi tertidur jangan menutup pintu kamar sepenuhnya. Buka pintu kamar sedikit, dengan begitu bayi bisa mendengar berbagai buyian di sekitar rumah. Sehingga bayi tidak merasa terasing dan sendirian.

Jangan langsung menggendong bayi kalau menangis


Saat bayi terbangun saat tidur dan menangis harus segera menghampirinya. Tapi sebaiknya jangan selalu menggendongnya, terkecuali ada gangguan tertentu dan sudah tiba waktu makan. Bayi akan merasa ketakutan dan tertekan, serta menyangka kalau Anda tidak setia berada di sisinya, saat dia menangis.  Sedangkan kalau dia menangis langsung digendong, maka dia menganggap kalau menangis harus digendong.

Temani dia dengan barang atau benda favoritnya


Saat tidur bayi bisa diberikan teman sebagai pertanda waktunya tidur. Tapi barang itu harus mudah didapatkan, seperti popok yang tipis, kaos, selimut dan sebagainya yang tentunya aman bagi bayi.


Menciptakan waktu tidur yang rutin


Setelah tiba waktunya tidur, maka Anda bisa menaruhnya di tempat tidur dan memberikan mainan favoritnya. Dengan begitu bayi memahami kalau sudah berada di tempat tidur itu menandakan waktunya untuk terlelap, apalagi ditemani dengan mainan kegemarannya. Jadi kalau dia terjaga di saat tidur, dia akan mudah untuk tidur kembali.


Membedakan waktu kondisi tidur dan tidak tidur


Membantu bayi membedakan waktu tidur dan tidak. Sehingga bayi belajar untuk bermain, makan dan sebagainya saat tidak tertidur.

Bayi akan belajar tidur dari orang tuanya


Bayi ibarat kain putih, sehingga Anda bisa leluasa untuk mewarnainya. Sehingga semua yang diajarkan akan diikuti oleh buah hati.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "9 Cara Atasi Gangguan Tidur Pada Bayi"

 
Copyright © 2015 TIPS BIDAN - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top